Lucky Charms Moon

Kamis, 24 April 2014

Wujudkan impian bangsa kita


Pendidikan adalah sumber utama pembentukan karakter seseorang. Kesadaran akan pentingnya pendidikan sangatlah pokok, karena dapat menentukan kualitas kepribadian seseorang.
Indonesia adalah negara yang berbentuk kepulauan, yang terdiri dari 5 pulau besar dan puluhan bahkan ratusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Banyak pula penduduknya yang tinggal di berbagai penjuru Nusantara. Mereka semua memiliki hak untuk memperoleh pendidikan.
Namun pada kenyataannya pendidikan yang ada di Indonesia saat ini justru menjadi masalah besar bagi pemerintah pusat. Banyak dikalangan saudara-saudara kita yang tinggal di daerah pedalaman tidak mendapatkan fasilitas pendidikan seperti kita saat ini.,
Perlu disyukuri, keadaan kita yang saat ini dapat menikmati fasilitas pendidikan yang memadahi., jangan sia-siakan waktu untuk berleha-leha., kita sekolah hanya tinggal berangkat saja, orang tua yang akan membiayai semuanya., sekarang lihatlah saudara kita, dimana mereka berusaha mencari uang untuk biaya sekolahnya sendiri. Orang tua mereka tak mampu membiayai sekolah anaknya. Dengan kata lain, perekonomian keluarga sangat berpengaruh pada anak.

           (Saudara-saudara kita yang tinggal di daerah pedalaman)

Selain keterbatasan ekonomi keluarga, daerah juga menjadi masalah yang dihadapi pemerintah dalam memenuhi fasilitas pendidikan. Di kota-kota besar, fasilitas sekolah telah memadahi bahkan melimpah ruah. Di sisi lain, di daerah pedalaman yang daerahnya sangat susah dijangkau, mereka belum mendapatkan fasilitas pendidikan layaknya di kota-kota besar. Mereka ada yang melakukan kegiatan belajar mengajar di bawah pohon besar dengan alas tanah dan peralatan seadanya. Mereka tetap mencari ilmu, karena mereka ingin menggapai cita-citanya setinggi mungkin. Seperti ceritanya “Laskar Pelangi”…

Novel yang berjudul “Laskar Pelangi” ini bercerita tentang kehidupan beberapa bocah di Balitong. Sang penulis novel itu memulainya dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia dimana sebuah sekolah yang kekurangan murid. Mereka (10 siswanya) memiliki cita-cita yang berat. Namun pada akhirnya mereka berhasil mewujudkan cita-citanya.
Inilah yang akan menentukan kepribadian seseorang., seseorang yang tinggal di daerah kota cenderung memiliki kepribadian yang manja, karena semua dapat dijangkau dengan mudah tanpa harus bersusah payah., sedangkan seseorang yang tinggal di daerah pedalaman cenderung memiliki kepribadian yang mandiri, karena mereka selalu berusaha dalam memenuhi kebutuhannya.
Inilah pentingnya pendidikan untuk mewujudkan kepribadian seseorang yang mandiri. 
Semangat kawan..!! wujudkan impian bangsa kita untuk memajukan dunia pendidikan ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

piaraanku